Penyebab Penyakit Serangan Jantung Gejala dan Ciri-cirinya

Sembung.com – Penyebab Penyakit Serangan Jantung Gejala dan Ciri-cirinya

Serangan jantung merupakan suatu kondisi dimana terjadi pemasokan darah yang menuju jantung terhambat. Penyakit jantng ini adalah kondisi darurat yang biasanya disebabkan kareana penggunpalan darah atau penumpukkan lemak, kolesterol atau juga dapat disebabkan karena unsur lainnya.

Aliran darah kejantung yang tergangg dapat merusak atau menghancurkan otot jantung dan berakibat sangat fatal. Bahkan serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya, karena berpotensi besar yang dapat menyebabkan kematian.

Pada umumnya penyakit jantung disebabkan karena sel-sel jantung yang mati, sehingga pemasokan darah ke jantung menjadi terhenti. Mayoritas seseorang yang terkena serangan jantung disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, merokok dan mengonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi.

Selanjutnya Penyebab Penyakit Serangan Jantung Gejala dan Ciri-cirinya

Oleh karena itu, keseimbangan dalam pola hidup serta mengelan ciri ciri serangan jantung merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan sejak dini. Dengan demikian anda bisa memperhatikan aktivitas serta pola hidup yang sehat yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Penyebab penyakit jantung

Sebelum mempelajari tentang ciri ciri serangan jantung maka terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebab apa saja yanh dapat menjadikan seseorang terserang penyakit jantung, simak ulasan berikut ini

  1. Faktor genetik

Penyebab utama yang dapat menjadi kemungkinan anda terserang penyakit jantung adalah dari faktor keturunan. Jika anda mempunyai keluarga yang mempunyai riwayat penyakit jantung, maka ini dapat menjadi salah satu penyebabnya.

2. Faktor usia

Dengan bertambahnya usia maka metabolisme tubuh akan menjadi menurun, dan dapat menjadikan seseorang terkena serangan jantung. Berikut Penyebab Penyakit Serangan Jantung Gejala dan Ciri-cirinya

3. Gaya hidup

Gaya hidup mempunyai peranan penting terhadap kesehatan tubuh, jika anda mempunyai gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang olahraga. Tubuh yang jarang olahraga dengan tubuh yang rutin olahraga mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.

Pasalnya tubuh yang sering olahraga menjadi bugar, dan peredaran darah menjadi lancar. Dan tubuh yang jarang olahraga, akan mempermudah terserang penyakit, mulai dari penyakit yang ringan hingga yang berat.

Baca juga artikel lainnya tentang cara menambah tinggi badan dengan cepat dan alami

4. Merokok

Kebiasaan orang yang paling sulit dihilangkan adalah merokok padahal sangat tidak baik bagi kesehatan. walaupun begitu masih saja orang tidak sadar dan terus melakukan kebiasaan buruk ini. Padahal rokok sangat memicu sekali sebagai salah satu ciri ciri serangan jantung.

Karbon monoksida dan kandungan nikotin di dalam asap rokok dapat memicu munculnya gumpalan darah, serta dapat memacu jantung bekerja lebih cepat dari biasanya.

Sehingga menyebabkan jantung terbebani. Rokok sangat tidak baik bagi kesehatan karena mengandung jutaan racun yang membahayakan tubuh.

Tak hanya itu saja, senyawa kimia lain yang terkandunga dalam rokok dapat merusak dinding arteri jantung dan memicu terjadinya penyempitan. Maka anda perlu waspada dan meninggalkan kebiasaan buruk ini.

Selanjutnya Penyebab Penyakit Serangan Jantung Gejala dan Ciri-cirinya yang lain.

5. Kolesterol yang berlebih

Kolesterol jahat yang berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Tubuh yang berlebihan lemak akan sangat mudah menempel pada dinding pembuluh darah sehingga berpotensi menjadi plak dan menganggu peredaran darah.

Dengan demikian anda perlu memperhatikan dan sering olahraga agar lemak dalam tubuh selal tercontrol.

6. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi sangat berpotensi pada penyakit serangan jantung, karena ketika tekanan darah tinggi maka dapat memicu jantung bekerja lebih cepat dari biasanya.

Baca juga : Proses terjadinya menstruasi pada wanita

7. Obesitas

Berat badan yang berlebih sangat rentan terhadap serangan jantung. Bahkan memiliki potensi yang dua kali lebih besar dari yang penyebab yang lalinnya. Karena lemak yang tertmpuk dalam tubuh dapat menganggu peredaran darah dalam tubuh

Ciri-ciri serangan jantung

Seperti penyakit yang lainnya, serangan jantung juga mempunyai ciri-ciri atau gejala awal. Sayangnya, terkadang sedikit orang yang mengetahuinya dan sering kali orang mengabaikannya.

Beberapa hal yang menjadi ciri-ciri dari serangan jantung yaitu sebagai berikut. berikut Penyebab Penyakit Serangan Jantung Gejala dan Ciri-cirinya

  1. Sakit pada bagian kepala

Sakit kepala memang hal yang wajar terjadi, namun jika asakit kepala terlalu sering dan terlalu sakit dapat menjadi salah satu gejala anda terkena serangan jantung.

2. Rasa nyeri

Gejala berikutnya yang dapat menjadi salah satu ciri anda terkena serangan jantng yaitu rasa nyeri pada bagian dada hingga tulang punggung.

Penyebab Penyakit Serangan Jantung Gejala dan Ciri-cirinya

3. Denyut jantung tidak teratur

Gejala yang paling mudah diketahui yaitu denyut jantng, ketika denyut jantung anda menjadi lebih cepat dari biasanya dan hal ini muncl dengan sering tanpat suatu penyebab yang jelas.

maka anda perlu berhati-hati karena dapat menjadi salah satu ciri anda terkena serangan jantung.

4. Mudah merasa lelah

Serangan jantung juga dapat dikenali dengan adanya tubuh yang sering merasa lelah.

5. Sesak napas

Sesak napas juga dapat menjadi pertanda umm yang menjadi salah satu gejala bahwa anda terkena serangan jantung.

Demikian diatas adalah beberapa hal tentang Penyebab Penyakit Serangan Jantung Gejala dan Ciri-cirinya yang dapat saya sapaikan pada kesempatan kali ini. Terus simak dan ikuti perkembangan blog ini karena masih banyak manfaat dan pengetahuan kesehatan yang akan saya sampaikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.