Penyebab Masuk Angin Terus Menerus dan Cara Mengatasinya

Sembung.com – Penyebab Masuk Angin Terus Menerus dan Cara Mengatasinya

Kata Masuk angin memang tidak ada dalam dunia medis, namun masuk angin meruapakan suatu kondisi dimana badan menjadi tidak sehat.

Dan masuk angin merupakan hal yang sangat familiar dikalangan masyarakat.

Semua orang pasti pernah mengalami masuk angin, masuk angin juga termasuk gejala awal dari berbagai macam penyakit.

Sebagai contohnya seperti demam, perut kembung, sakit kepala dan sebagainya, bisa juga masuk angin adalah gejala penyakit yang serius.

Masuk angin adalah hal yang umum menyerang saat tubuh mengalami kelelahan, kondisi seperti ini biasa terjadi ketika tubuh tidak mampu melawan infeksi dari virus dan bakteri.

masuk angin dapat ditandai dengan beberapa gejala, di antaranya adalah.

Gejala masuk angin

Secara umum gejala masuk angin dapat ditandai dengan adanya perubahan pada tubuh, yaitu seperti kedinginan, tidak enak badan, dan meriang .

gejala lainnya seperti sakit kepala, kelelahan, perut kembung, keringat dingin dan bahkan terkadang nafsu makan menjadi berkurang.

Penyebab masuk angin

Timbulnya keadaan ini dapat disebabkan karena daya tahan tubuh yang melemah, sehingga sangat mudah terganggu dan terserang virus.

Daya tubuh yang menurun ini biasanya disebabkan karena kelelahan, kurang tidur, istirahat yang tidak teratur, pola makan yang tidak terjaga serta kurangnya asupan gizi.

Penyebab Masuk Angin Terus Menerus dan Cara Mengatasinya

Dengan demikian maka yang akan saya bahas selanjutnya tentang penyebab masuk angin terus menerus dan cara mengatasinya adalah tentang cara mengatasinya.

Solusi yang akan saya berikan disini merupakan cara yang mudah, aman dan pastinya alami.

  1. Menggunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih sangat identik dengan aroma terapinya yang cukup menyejukkan.

Minyak kayu putih dapat menjadi cara utama untuk mengatasi masuk angin yaitu dengan mengoleskannya ke seluruh tubuh anda setelah mandi.

Dengan demikian badan anda akan menajdi hangat dan nyaman.

2. Menggunakan jahe

Sudah kita ketahui bersama bahwa jahe termasuk rempah tradisional yang mampu menghangatkan tubuh, mengatasi perut kembung serta melancarkan sirkulasi darah.

Karena manfaatnya yang sangat banyak makanya kita sering menjumpai orang mengnsumsi jahe.

Jahe dapat menjadi obat untuk meredakan masuk angin, dan cara pembuatannya juga sangat mudah.

Siapkan beberpa biji jahe, lalu tumbuh jahe tersebut atau anda juga dapat memarutnya hingga halus. Lalu masukkan kedalam rebusan air mendidih(kira-kira 2 sampai 3 gelas).

Tunggu hingga tercium aroma jahenya dan warna airnya berubah. Jika anda tidak ingin dengan rasanya yang sedikit pedas.

Anda juga dapat menambahkannya dengan gula batu atau susu secukupnya. tunggu hingga airnya hangat. Lalu minumlah air jahe tersebut..

3. Madu, teh dan lemon

Madu, teh dan lemon juga dapat mengatasi penyebab masuk angin terus menerus dan cara mengatasinya.

bahan madu memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap yang dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh dan dapat juga menjadi oba dari segala penyakit.

Sedangkan lemon kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan stamina tubuh serta mempelancar sirkulasi darah.

Dan cara pembuatannya juga cukup mudah, bahan yang perlu anda siapkan adalah teh, madu dan lemon.

Siapkan segelas air hangat, lalu masukkan teh celup atau teh biasa dan aduk hingga teh larut dan airnya berubah warna.

Kemudian untuk menjadikan rasa yang nikmat tambakan madu dan perasa air lemon secukupnya. lalu konsumsilah ramuan herbal ini.

Ramuan herbal yang cukup mudah pembuatannya ini dapat membuat tubuh menjadi hangat serta dapat mengatasi tubuh anda yang masuk angin.

4. Ramuan gingseng

Anda juga dapat mengatasi masuk angin dengan minuan yang terbuat dari bahan gingseng dengan campuran susu atau teh.

Gingseng mapu menignkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mengatasi penyakit ringan dan mencegah datangnya penyakit lain.

untuk menadapatkan hasil yang nikmat anda dapat meminumnya dengan menggunakan teh atau susu sebaga minuman dasar lalu menambahkan gingseng secukupnya.

Sehingga dengan demikian masuk angin akan teratasi dan energi tubuh menjadi meningkat. ramuan gingseng merupakan salah satu obat Penyebab Masuk Angin Terus Menerus dan Cara Mengatasinya.

5. Vitamin c

Saat masuk angin menyerang, maka badan rasanya menjadi tidak enak, pusing, sakit kepala bahkan mual-mual. Dengan keadaan seperti ini tubuh memerlukan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan stamina tubuh.

Anda bisa mendapatkan vitamin c di apotek atau pelayanan kesehatan di daerahmu.

Dan jika anda menginginkan mengonsumsi vitamin c yang irit biaya, anda dapat mengonsumsi buah-buahan seperti jambu biji, jeruk, lemon dan sebagainya.

Jika asupan vitamin c anda tecukupi maka tubuh tidak akan muda terserang penyakit.

6. Istirahat secukupnya

Masuk angin dapat disebabkan karena tubuh yang lemah, maka dengan istirahat akan mengembalikan energi tubuh yang telah hilang

sehingga dengan perahan masuk angin anda akan hilang. Hindari begadang serta istirahat secukupnya.

7. Kerokan

Kerokan merupakan obat masuk angin yang sangat murah meriah(tanpa mengeluarkan biaya), sangat ampuh dan sangat manjur.

Bagi sebagian besar orang sudah sangat familiar dengan kerokan. Namun terdapat sebagian kecil orang yang masih awam dengan kerokan.

hal ini merupakan cara tradisional yang telah dilakukan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masuk angin. Menurut keseharan kerokan merupakan hal yang sangat efektif untuk mengatasi masuka ngin.

Karena saat badan dikerok tubuh maka pori-pori kulit sedikit terbuka dan menghilangkan masuk angin.

Bahkan faktanya kerokan merupakan cara yang sangat ampuh melebihi paracetamol. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan menyediakan uang koin yang halus dan minyak kayu putih.

Kemudian oleskan sedikit minyak pada bagian tubuh yang akan dikerok, lalu kerokalh dengan koin hingga berawawna kemerahan.

Bagian yang dianjurkan untuk dikerok yaitu punggung, dada, perut dan leher. Hal yang perlu anda ingat yaitu jangan mengerok dengan terlalu keras.

Keroklah dengan perlahan, karena jika tekanan terlalu keras dapat mengakibatkan pembuluh darah putuh, terutama pada bagian leher.

maka ketika anda masuk angin artikel Penyebab Masuk Angin Terus Menerus dan Cara Mengatasinya adalah solusi yang tepat.

8. Minum Obat

Ketika masuk angin menyerang anda, maka salah satu cara yang paling mudah dilakukan yaitu dengan minum obat masuk angin, seperti sirup, antangin dan tolak angin.

dengan mengonsumsi obat herbal tersebut akan menjadikan tubuh hangat dan dengan perlahan masuk angin anda akan teratasi

Perawatan dan pencegahan

  • Untuk menyembuhkan masuk angin atau juga mencegahnya maka gunakanlah penutup kepala, sehingga terhindar dari udara dingin dan air hujan. Anda dapat menggunakan kupluk, topi atau helm saat bepergian. Kemudian gunakan juga jaket dan pakaian panjang.
  • Olahraga minimal seminggu sekali, programlah diri anda, dengan mewajibkan diri untuk olahraga minimal seminggu sekali.
  • Olahraga akan mengeluarkan keringat dan membuat tubuh menjadi sehat. Sehingga tubuh akan selalu terjaga dan terhindar dari masuk angin atau penyakit lainnya..
  • Perbanyak minun air putih sampai urine(air kencing) anda berubah warna menjadi bening, jika urine berwarna bening dapat menjadi salah satu tanda bahwa tubuh anda sehat.

Tubuh yang sehat dapat ditandai dengan membuang air kecil minimal 2 sampai 3 jam sekali. Jika anda membuang air lebih lama dari itu berarti tubuh anda kekurangan air.

Maka dengan itu konsumsilah air putih sebanyaknya.

Demikianlah pengetahuan serta tips dari saya tentang penyebab masuk angin terus menerus dan cara mengatasinya, cukup mudah bukan?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukanlah beberapa cara diatas untuk mengatasi masuk angin anda.

sekian artikel tentang Penyebab Masuk Angin Terus Menerus dan Cara MengatasinyaJika anda ingin mengetahui tentang seputar kesehatan dan perawatan yang lainnya,

Terus simak dan ikuti perkembangan artikel ini. Karena masih banyak hal yang bermanfaat yang akan saya sampaikan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *