Pengertian dan Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

Sembung.com – Pengertian dan Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

Menstruasi adalah siklus kompleks yang terjadi secara perodik dalam bentuk pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan.

Proses Menstruasi merupakan siklus alami yang terjadi pada wanita yang terjadi pada setiap bulannya, kecuali pada wanita hamil dan menopous.

Menopous biasanya terjadi pada wanita ketika ia memasuki usia 45 sampai 55 tahun. Menstruasi dapat terjadi pada wanita ketika mulai berusia sekitar 11 tahun. Dan lamanya proses menstruasi pada wanita normal yaitu berlangsung selama 3 sampai 7 hari.

Siklus ini biasanya muncul setiap 4 minggu sekali, walaupun begitu tidak semua wanita mempunyai siklus yang sama. Terkadang menstruasi dapat datang lebih cepat atau bahkan lebih lambat, pada umumnya berkisar antara 20 hingga 35 hari.

Setiap siklus mentruasi hormon estrogen pada tubuh wanita akan meningkat sehingga bersiap untuk menghadapi kemungkinan terjadinya kehamilan. Pelepasan sel atau masa ovulasi telur dari ovarium akan terjadi dan dinding rahim akan menebal.

Sel telur ini apabila tidak dibuahi akan diserap oleh tubuh dan dinding rahim yang menebal akan luruh, lalu mengalir keluar dari tbuh bercampur dengan darah, dan proses inilah yang biasa kita sebut dengan menstruasi.

Selanjutnya Pengertian dan Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

Tak selamanya menstruasi pada wanita akan terjadi secara teratur sesuai yang saya jelaskan diatas, namun adakalanya wanita akan mengalami menstrasi yang tidak lancar, ada kalanya 2 bulan sekali, 3 bulan sekali, bahkan sampai 4 bulan sekali pn ada.

Baca juga : Cara mudah menambah tinggi badan dengan cepat dan alami

Beberapa faktor yang menyebabkan siklus menstrasi pada wanita menjadi tidak teratr adalah sebagai berikut.

  • Pola hidup yang tidak teratur. Dalam menjalani kehidupan sehari hari supaya melakukan pola hidup yang sehat mulai dari aktivitas dan makanan yang teratur. Karena jika tidak memiliki pola hidup yang sehat dapat menjadi salah satu penyebab siklus menstruasi pada wanit menjadi tidak teratur.
  • Obat-obatan atau pil kb. Beberapa wanita ada yang biasa mengonsumsi pil kn untuk menunda memiliki momongan, namun hal yang perlu anda ketahui, obat ini memiliki efek yang tidak baik, salah satunya yaitu menjadikan haid tidak teratur.
  • Stress. Ketika seseorang depresi dan stess akibat beberapa masalah yang timbul dalam kehidupannya dapat menjadikan pola hidup menjadi tidak teratur. Dan hal ini memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh, yaitu haid menjadi tidak teratr.
  • Hormon yang tidak seimbang. Perbahan hormon pada tubuh yang tidak seimbang dapat menyebabkan haid menjadi tidak teratur.

Berikut Pengertian dan Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita simak hingga selesai

Gejala-gejala pada saat menstruasi

Ketika tubuh wanita mengalami perubahan kadar hormon dalam tubuh akan terjadi, biasanya terjadi pada saat sebelum masa menstruasi. Perubahan hormon ini dapat mempengaruhi fisik dan emosional yang terkadang muncul berhari-hari sebelum menstruasi.

Beberapa faktor yang menjadi gejala-gejala menstruasi adalah lelah, perut kembung, muncul jerawat, nyeri pada otot sendi, sakit kepala dan sebagainya. Sementara perubahan emosi yang terjadi dapa mengakibatkan depresi, sulit konsentrasi dan suasana hati menjadi tidak stabil.

Manfaat menstruasi

Menstruasi memang tampaknya tidak memberikan manfaat bagi tubuh, namun menstruasi memiliki efek yang luas bagi tubuh terutama organ sistem reproduksi wanita. Lalu apa manfaat dari menstruasi tersebut?, simak berikut ini.

  • Menstruasi yang terjadi setiap blannya dapat membantu membersihkan tubuh dan melepaskan bakteri dari sistem reproduksi dan memungkinkan tubuh untuk menghilangkan zat besi, sehingga dapat mengurangi resiko terserang stroke dan penyakit jantung
  • Menstruasi juga dapat menjadikan tubuh terasa rileks dan nyaman, karena adanya perubahan hormon pada tubuh, hal ini dapat dirasakan ketika selesai masa menstruasi,

Pengertian dan Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

Rasa sakit pada perut ketika sedang menstruasi merupakan akibat dari kontraksi otot perut ketika mengeluarkan darah dari rahim. Ketika terjadi kontraksi otot inilah perut akan merasakan sakit, nyeri dan ketegangan atau kram.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa sakit pada perut saat proses menstrasi itu terjadi. Anda dapat melakukan beberapa cara berikut untuk mengurangi rasa nyeri pada perut ketika menstruasi, berikut caranya.

  • Menggunakan air hangat yang masukkan kedalam botol, lalu mengompresnya pada bagian perut yang nyeri dan sakit.
  • Mandi menggunakan air hangat yang ditambahkan aroma terapi untuk relaksasi.
  • Minum air hangat, karena dengan minum air hangat akan memperlacar menstruasi anda, sehingga dapat mengurangi rasa sakit atau kram.
  • Menggosok perut dengan aroma terapi supaya hangat

Proses dan siklus terjadinya menstruasi

Ketika seorang wanita mengalami menstruasi akan terjai beberapa fase, yait fase menstrasi, fase pra-ovulasi, fase ovulasi dan fase pasca ovulasi. Adapn penjelasannya berikut ini

  • Fase menstruasi

Seorang wanita dapat dikatakan prodktif ketika dia mengalami masa menstruasi setiap bulan. Pada saat ini dinding rahim akan luruh dan mengeluarkan darah biasanya sekitar 30 -40 ml disetiap siklusnya.

Kadar progesteron yang luruh dan esterogen inilah yang menyebabkan lapisan dinsing rahim menjadi luruh. Selanjutnya Pengertian dan Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

  • Fase pra ovulasi

Pada fase ini lapisan dinding rahim akan mulai menebal kembali secara perlahan, pada fase ini akan terjadi proses pembentukan dan pematangan dalam ovarium, akan tetapi belum bisa terjadi pembuahan karena kondisi rahim yang belum kembali normal.

  • Fase ovulasi

Ovulasi akan terjadi tergantung pada silus yang dialami setiap wanita. Pada masa ovulasi ini ovarium menjadi matang dan siap untuk dibuahi. Bagi anda yang ingin memiliki momongan dapat memanfaatkan ketika fase ini, Biasanya sperma akan bertahan selama 3 sampai 5 hari.

karena pada fase ini hormon estrogen meningkat. Beberapa orang bependapat fase ovulasi terjadi 14 hari setelah siklus pertama

Pengertian dan Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

  • Fase pasca ovulasi

Pada fase inilah dinding rahim mulai menebal karean folikel yang sudah pecah dan mengeluarkan sel telur yang akan membentuk korpus luteum.

Maka jika pada fase ini sel telr tidak mengalami pembuahan, maka wanita akan merasakan gejala PMS atau pramenstruasi. Yang paling umum terjadi saat PMS adalah perubahan emosional yang tidak stabil dan menjadi lebih sensitif.

Simak juga artikel lainnya tentang perawatan kulit yaitu cara mengatasi kaki pecah-pecah gejala dan penyebabnya.

Demikianlah beberapa hal diatas yang dapat saya bahas tentangPengertian dan Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita, semoga sedikit ilmu pengetahuan yang sampaikan tersebut dapat memberikan anda pemahaman tentang siklus atau proses menstruasi dan membawa manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *