Ciri-Ciri Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

Sembung.com – Ciri-Ciri Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

Jika berbicara mengenai darah rendah cukup identik dengan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya.

Darah rendah merupakan suatu penyakit yang cukup berbahaya jika dibiarkan bergitu saja. Karena dapat menyebabkan kematian.

Penyakit ini berbanding terbalik dengan tekanan darah tinggi. Pada darah tinggi dapat anda jumpai orang yang mudah emosi tanpa sebab.

Namun jika darah rendah dapat anda lihat ketika seseorang mudah pusing sakit kepala bahkan pingsan

Tugas dari darah rendah adalah sebuah ukuran dari jantung untuk memompakan darah dan bersirkulasi keseluruh tubuh.

Sirkulasi ini bertugas untuk menekan dinding-dinding-dinding pembuluh darah. Tekanan darah akan memompa ke arteri-arteri tubuh dan dikembalikan lagi ke jantung pembuluh vena.

Perbedaan tekanan tersebutlah yang akan menyebabkan terjadinya darah tinggi, tekanan darah normal, dan tekanan darah rendah.

Namun tekanan darah rendah memliki ciri yang lebih khas lagi, adapun ciri-ciri tekanan darah rendah yaitu sebagai berikut.

Ciri-ciri tekanan darah rendah

  1. Pusing dan sakit kepala. Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah akan mengalami pusing dak sakit kepala.

hal ini dapat terjadi karena darah tak mampu membawa kebutuhan oksigen yang dibutuhkan otak. Hal ini mengakibatkan orang itu mengalami sakit kepala dan pusing.

Tak hanya itu saja, bahkan jika penderita darah rendah yang dialaminya sudah masuk kategori orang tersebut dapat hingga pingsan.

maka anda supaya benar-benar jeli memahami gejala ini, apakah yang anda alami pusing biasa atau karena tekanan darah rendah.

2. Sering merasa cepat lelah. Penderita darah rendah akan mudah merasaa lelah dan letih, terutama ketika melakukan aktivitas yang tergolong berat.

3. Wajah menjadi pucat. Yang awalnya kelelahan, kemudian menjadi pusing hingga mengakibatkan sakit kepala.

Hal tersebut menjadikan wajah pucat, dan denyut nadinya menjadi terasa sangat lemah. Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya suplai daarah yang masuk ke dalam bagian tubuh.

4. Pandangan menjadi kabur dan berkunang-kunang. Penderita tekanan darah rendah akan sering mengalami pusing dan pandangan menjadi kabur serta berkunang-kunang.

kondisi ini biasanya disebaban karena terlalu lama duduk terutama etika duduk di area yang panas.

Kemudian ketika bangun pandangan akan menjadi kabur putih dan kepala terasa pusing. Berhati-hatilah jika anda pernah merasakan hal ini, dapat dipastikan anda mengalami tekanan darah yang rendah.

7. Otak tidak maksimal bekerja. Pikiran menjadi tidak jernih lagi, kemudian otak tak kurang bekerja, dan konsentrasi akhirnya menjadi hilang.

Bahkan terkadang anda akan merakan kebingungan, hal ini disebabkan kurangna oksigen di dalam otak.

8. Sering merasa menguap hingga mengantuk. juga dapat menjadi salah satu Ciri-Ciri Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

9. Badan menjadi dingin

10. Keringat dingin

Beberapa hal diatas merupakan ciri-ciri yang sering terjadi bagi penderita tekanan darah rendah. Seseorang dapat dinyatakan mengalami tekanan darah rendah yaitu ketika tekanan sistolik atau diastolik.

Contohnya 110/70, tekanan darah sistolik yaitu angka yang diatas, mewakili tekanan di arteri-arteri ketika otot jantung berkontrasi memompa darah didalamnya.

Dan tekanan darah diastolik yaitu angka yang dibawah mewakili tekanan di arteri-arteri ketika otot jantung menjadi relax setelah berkontrasi.

Adapun ukuran tekanan darah normal orang dewasa yaitu lebih rendah dari 120/80 mmHg. Seseorang dapat dinyatakn mempunyai tekanan darah rendahyaitu jika tensi darahnya dibawah 100/60 mmHg.

Penyebab tekanan darah rendah

Beberapa hal yang dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah adalah sebagai berikut.

  1. Efek samping obat. Terkadang obat yang anda konsumsi dapat menjadi penyebab tekanan darah anda menjadi rendah.
  2. Dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh, lalu anda jarang berolahraga. Maka hal ini membuat tubuh tidak sehat serta jantug akan menjadi kurang maksimal dalam memompa darah.
  3. Anemia. Anemia merupakan kurangnya darah pada tubuh anda, dimana hemoglobin di dalam tubuh dalam jumlah angka dibawah normal, hal ini dapat dipastikan tekanan darah anda menjadi menurun.
  4. Kehilangan darah. Seseorang yang kehilangan darahnya mengakibatkan dar dalam tubuhnya berkurang, biasanya kehilangan darah ini disebabkan karena operasi, kecelakaan parah, pendarahan dan sebagainya.
  5. Otot jantung melemah

Ciri-Ciri Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

Agar tidak menjadi penyakit yang lebih serius, ketika nda telah mengetahui ciri-cirinya kemudian paham dengan sebabnya.

maka selanjutnya anda harus tahu bagaimanakah langkah pengobatan mandiri yang harus anda lakukan, maka simaklah artikel Ciri-Ciri Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya ini hingga selesai.

  1. Minum air putih

Air putih mempunyai peranan yang sangat penting dalam kesehatan, salah satunya yaitu untuk menambah darah, menurut studi jumlah cairan dalam tubuh behubungan langsung dan sangat mempengaruhi kinerja jantung dan tekanan darah.

Seseorang yag kekurangan darah dapat menyebabkan penurunan darah. Maka minum air putih yang banyak akan membantu menambah terkanan darah anda, minimal sehari 2 liter.

2. Olahraga yang teratur

Kunci hidup sehat adalah rutin olahraga. Banyak penyakit yang dapat di atasi denga olahraga yang teratur, salah satunya adalah tekanan darah rendah.

Karena dengan olahraga akan memperlancar aliran darah anda sehingga teknan darah rendahpun dapat teratasi.

3. Pola tidur

Bagi anda yang menderita darah rendah, harus sangat memperhatikan pola tidur. Karena akan sangat berbahaya ketika seseorang menderita penyakit darah rendah kemudian kurang tidur, bahkan suka begadang.

Maka tidur yang cukup dapat mengisi energi mereka, sehingga bisa beraktiivtas dengan baik,

Jika anda kurang tidur, maka tubuh menjadi lemah, tekanan darah menhadi rendah dan ini sangat berbahaya bagi tubuh anda.

Bahkan akan menyebabkan anda menjadi sakit kepala bahkan jika lebih parah anda akan pingsan.

4. Kurangi mandi dengan air panas

Mandi menggunakan air panas mempunyai dampak yang kurang baik bagi penderita darah rendah. Pasalnnya mandi menggunalan air panas dapat membuat tekanan darah makin menurun.

Tak hanya itu saja, hal ini juga dapat membuat anda meras lemas, pusig dan tak bertenaga.

5. Mengontrol konsumsi gula

Mengonsumsi gula yang banyak memang mampu meningkatkan tekanan darah rendanh anda.

Peningkatan darah yang mendadak dapat mengakibatkan efek samping yanglainnya seperti pusing akut, pandangan berkunang-kunang bahkan pingsan. Maka jangan mengonsumsi gula yang banyak dalam waktu yang singkat

6. Makan bayam

Bayam kaya akan kalium dan erndah sodium. Mineral yang seimbang pada bayam dapat sangat berguna untuk teknanan darah rendah.

7. Makanan yang sehat

Bagi penderita darah rendah supaya mengerti makanan apa saja yang baik untuk kesehatananda. Maka konsumsilah makanan seperti sayuran, ikan, ayam, buah-buahan dan kacang-kacangan, jus wortel, jus lemon.

Hindari mengonsumsi makanan yang epat saji, seperti mie instant. makanan yang sehat merupakan salah satu syarat Ciri-Ciri Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

8. Hati

Darah rendah sering dikaitkan dengan kekurangan folat dan vitamin b12. Maka anda supaya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin b12 dan folat, biasanya terdapat pada hati ayam, sapi, ikan salmon dan lainnya

7. Minum susu

Minum susu dapat mengendalikan tekanan darah anda yang rendah. Maka untuk hasil yang lebi baik konsumsilah susu setiap pagi dan malam, sehingga tekanan darah anda kembalin normal.

8. Minum penambah darah

Di apotek sekitar dapat anda jumpai vitamin penambah darah, maka cara lain untuk menambah darah anda yaitu dengan mengonsumsi vitamin secukupnya,

Makanan yang harus dihindari

Ketika anda menderita darah rendah maka anda tidak boleh makan dengan makanan yang semabrangan. karena hal ini merupakan salah satu Ciri-Ciri Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

karena beberapa makanan tertentu dapat memicu darah anda menjadi semakin rendah. Adapun makanan yang anda harus anda hindari adalah.

  1. Hindari makanan berminyak

Anda supaya berhati-hati jika membeli makanan berminyak diluar, karena anda tidak tahu apakah minyak yang mereka gunakan masih baik untuk kesehatan atau tidak.

Minyak goreng yang biasa digunakan untuk gorengan dipinggir jalan mengandung lemak jenuh yang dapat mengakibatkan darah semakin menurun.

Maka jika anda ingin makan gorengan atau makanan yang berminyak lebih baik memasakny sendiri dirumah, dan gunakanlah minyak yang masih baru agar kesehatan anda dapat terjaga.

2. Hindari makanan yang instan

3. Hindari minum kelapa muda. Kelapa uda dapat menjadikan darah semakin menurun dalam sekejap.

Maka sebaiknya anda harus memeperhatikan hal ini, dan mengurangi mengonsumsi air kelapa muda

4. Hindari alkohol

5. Hindari pikiran yang berlebihan terlebih lagi stress berkepanjangan. Seseorang yang mengalami strees dapat mengakibatkan tekanan darah semakin menurun.

6. Hindari begadang

7. Hindari makan mentimun, tomat, belimbing dan blewah

8. Hindari mengangkat beban yang berat. Kondisi tubuh yang agak melemah dan pompa darah dalam jantung pun menjadi lemah maka dapat mengakibatkan tekanan darah semakin menurun.

9. Makanan yang berkabohidrat tinggi.

Demiikianlah sekilas artikel Ciri-Ciri Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat mengatasi tekanan darah rendah anda.

Jika ingin mendapat hasil yang maksimal tentunya anda harus paham dengan ciri-cirinya, paham dengan sebabnya.

Serta melakukan cara yang diberikan diatas juga harus menhindari hal-hal yang dilarang utntuk penderita tekanan darah rendah. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *