Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami

Sembung.com – Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami

Semua orang menginginkan tubuh yang selalu sehat dari luar maupun dari dalam, karena kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam kehidupan kita.

Ketika memiliki anggota tubuh yang seluruhnya sehat bebas tanpa terserang gangguan kulit atau gangguan kesehatan lainnya menjadikan kita lebih nyaman untuk beraktivitas.

Perempuan sangat identik dengan perawatan, ada yang perawatannya mandiri dirumah saja sudah cukup, namun ada beberapa orang yang ketika perawatan mengharuskan mereka pergi ke pelayanan kesehatan.

seorang perempuan ketika terkena gangguan kesehatan biasanya akan lebih sedikit panik dibandingkan para pria, Contohnya ketika jerawat muncul pada wajah mereka, bahkan terkadang mereka sampai kebingungan untuk mengatasi jerawat tersebut.

Namun pada kali ini yang akan saya bahas bukanlah mengenai jerawat, yaitu mengenai keputihan yang dialami oleh sebagian para wanita. Saya katakan sebagian karena tak semua wanita mengalami keputihan.

Keputihan adalah permasalahan umum yang sering terjadi pada wanita. . Keputihan dapat disebabkan oleh infeksi dan biasanya disertai dengan rasa gatal pada sekitar area kewanitaan.

penyakit keputihan merupakan gejala keluarnya cairan dari kewanitaan, namun bukanlah darah haid. Namun pada umumnya wanita sering mengabaikan hal ini karena kurangnya informasi tentang keputihan. .

penyakit keputihan dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu keputihan normal dan tidak normal. berikut Keputihan normal biasanya dialami pada semua wanita, namun tak semuanya mengalami keputihan normal, adakalanya wanita juga mengalami keputihan yang tidak normal.

Maka semua hal tersebut harus segera diatasi dengan Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami. Adapun gejalanya sebagai berikut.

Gejala keputihan tidak normal

  • Berbau

Keputihan yang normal tidak memiliki bau sama sekali. Namun jika keputihan yang dialami mengelarkan bau busuk, ini aalah salah satu gejala atau ciri bahwa keputihan ini tidak normal. Bau busuk ini disebabkan karena adanya kuman yang menginfeksi kelamin.

  • Rasa gatal

Selain berbau, rasa gatal pada kelamin juga dapat menjadi salah satu pertanda bahwa keputihan yang anda alami tidak normal

  • Berwarna

Keputihan yang normal akan berwarna bening, namun jika keputihan yang anda alami berwarna seperti hijau atau kuning, maka keputihan ini tidaklah normal.

  • Rasa nyeri saat kencing

Nyeri saat kencing dapat menjadi salah satu gejala keputihan yang tidak normal, bahkan ini sudah termasuk keputihan yang serius, maka hal ini supaya segera mendapatkan penanganan.

Jika hal tersebut tida segera di atasi dengan Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami maka bisa saja menjadi masalah yang lebih serius.

Penyebab Umum Keputihan

Munculnya keputihan dapat disebabkan karena infeksi, sehingga kelamin yang teinfeksi kuman jamur dan bakteri dapat menyebabkan keputihan.

  • Toilet umum

Toilet umum yang sering digunakan kebanyakan orang menyimpan jutaan kuman dan bakteri. Karena digunakan secara bergantian yang pada dasarnya mungkin orang itu mempnyai penyakit.

Sehingga kuman dan bakterinya menular ketepat yang lain, dan juga air yang digunakan sangatlah tidak steril.

  • Pembalut

Sebenarnya menggunakan pembalut tak ada hubungannya dengan adanya keputihan. Namun cara penggunannya lah yang menyebabkan keputihan, terkadang ada seseorang yang menggunakan pembalut dengan jangka yang panjang dan jarang menggantinya.

Tentunya hal tersebut sangatlah jorok, tak hanya itu saja, pebalut yang telah digunakan menyimpan banyak kuman dan bakteri. yang mana bisa mempengaruhi dengan munculnya keputihan yang tidak normal.

  • Kuman

Kuman dapat datang darimana saja, terutama tangan dan air yang kotor, hal ini dapat menjadi salah satu pemicu penyebab keputihan.

  • Kelembaban

Keadaan kelamin yang lembab dapat menimbulkan keputihan. Hal ini sering dilakukan ketika selesai buang air besar maupun kecil tanpa mengeringkannya terlebih dahulu.

  • Jamur

Pertumbuhan jamur dalam area kewanitaan yang tidak dapat dikendalikan dapat menjadi pemicu adanya keputihan

  • Kurang menjaga kebersihan kewanitaan

Penyebab keputihan yang tidak normal bisa disebebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan alat kelamin. Kebersihan kewanitaan yang tidak terajaga dapat menjadikan bakeri jahat menjadi berkembang dan dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal.

  • Makanan yang tidak sehat

makanan yang tidak sehat biasanya mengandung bahan pengawet, seperti makanan instant, hal ini dapat memicu keputihan.

Setelah anda mengetahui gejala dan penyebab keputihan, maka selanjutnya adalah cara penangannya dengan Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami

Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami

Hal ini tentunya harus segera diatasi, karena membuat tak nyaman, serta baunya yang tak sedap sangat mengganggu sekali. Adapun cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi keputihan adalah sebagai berikut.

  1. Menjaga kebersihan pakaian

Kebersihan pakaian sangatlah penting bagi kesehatan tubuh anda, karena terkadang munculnya kuman adalah dari pakaian yang anda gunakan.

Gunakanlah pakaian yang bersih, dan terbuat dari bahan katun. Bahan katun akan membuat area kewanitaan menjadi tidak lembab.

Dengan demikian akan mencegah bakteri yang berkembang dan menyebabkan keputihan. Dan juga hindarilah menggunakan pakaiann yang ketat, karena akan menjadikan anda mudah berkeringat, dan akhirnya menjadikan area kewanitaan menjadi lembab.

2. Hindari makanan berminyak

Keputihan akan mnjadi semakin parah ketika anda berlebihan mengonsmsi makanan yang berminyak. Karena makana berminyak dapat mempengaruhi perubahan kadar hormon pada tubuh

3. Hindari kafein

Mengonsumsi kafein dengan berlebihan dapat menurunkan jumlah hormon estrogen dan dapat mempengaruhi kondisi pH pada kewanitaan, sehingga cenderung dapat menjadikan keputihan

4. Hindari cairan pembersih alat kelamin

Saat ini sangat banyak sekali obat-obatan hingga cairan yang dijual untuk membersihkan area kewanitaan, cairan dan obat-obatan tersebut tidaklah baik untuk kesehatan karena biasanya mengandung bahan kimia.

Penggunaan cairan terkadang malah menjadikan keputian semakin parah, karena dapat menganggu pH pada kewanitaan.

5. Menggunakan daun sirih

Daun sirih sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai obat keputihan yang alami. Sifat antibakteri dan antijamur mampu mengobati infeksi jamur pada area kewanitaan. Cara penggunaannya juga sangatlah mudah, yaitu dengan merebus segenggam daun sirih.

Tunggulah hingga airnya berubah menjadi agak pekat, lalu tunggulah hingga hangat atau dingin. Kemudian gunakan air rebusan daun sirih itu untuk membersihkan organ kewanitaan anda. Lakukan cara ini dengan rutin hingga keputihan anda teratasi

Tak hanya cara itu saja, rebusan air daun sirih juga dapat anda meminum. Sehingga penanganan yang dilakukan tak hanya dari luar saja, namun dari dalam juga.

Daun sirih merupakan salah satu Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami yang ampuh.

6. Menggunakan kunyit

Antibakteri yang dimiliki kunyit mampu mengatasi masalah keputihan secara total. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan menyiapkan beberapa biji kunyit. Lalu memarutnya hingga halus. Kemudian ambil sari-sari dari kunyit tersebut untuk anda rebus.

Minumlah rebusan sari kunyit itu untuk mengatasi keputihan anda dengan aturan 2 kali sehari. Jika anda tidak ingin pusing untuk membuatnya, anda dapat membelinya pada penjual jamu daerah anda. Konsumsilah setiap pagi dan sore.

7. Menggunakan daun sambiloto

Daun sambiloto terkenal dengan rasanya yang sangat pahit, namun daun ini mamou mengatasi sekaligus mencegah keputihan. Proses pembuatannya yaitu dengan merebus batang dan daun sambiloto hingga mendidih, dan tunggulah hingga airnya menjadi hangat.

Minumlah air rebusan sambiloto itu hingga keputihan anda teratasi, jika anda tidak mau karena rasanya yang begitu pahit, anda dapat menambahkan madu murni secukupnya. Seperti halnya diatas, jika anda tidak ingin capek-capek membuatnya anda dapat membelinya pada penjual jamu.

8. Perbanyak minum air putih

Minu air putih yabg banyak juga dapat membantu mengatasi keputihan, karena air putih mampu mengeluarkan racun dari tubuh. Dengan demikian metabolisme tubuh akan terjaga dan tetap sehat, sehingga dapat menjaga kesemibangan pH pada area kewanitaan.

9. Menjaga kebersihan alat kelamin

Keberishan kewanitaan sangat berperan penting dalam menjaga agar alat kelamin tetap sehat, yaitu dengan car membersihkan dengan air yang bersih tanpa menggunakan cairan.

Hindari kelembaban, karean dapat menjadikan kuman berkemang. Anda dapat menggunakan rebusan beberapa ramuan diatas sebagai pembersih alami

Demikianlah beberapa tips yang dapat saya bagikan kepada anda tentang Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami, semoga materi ini dapat membawa manfaat dan mengatasi keputihan anda. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.