Cara Mengatasi Panas Demam Pada Anak-Anak | Sembung

Sembung.com – Cara Mengatasi Panas Demam Pada Anak-Anak | Sembung

Berbicara mengenai anak-anak tak akan lepas dari kedua orang tuanya, Karena orang tua mempunyai pernan utama dalam perembangan anaknya.

Anak dapat tumbuh dengan baik apabila mendapatkan didikan dan perawatan dari orang tuanya, dan mereka bisa mendidiknya dengan baik.

Selain itu, kesehatan anak merupakan salah satu tanggung jawab kedua orang tuanya, Ketika anak sakit maka tentunya orang tua akan berupaya agar anak bisa sembuh.

Orang tua tentunya sangat sayang dan peduli pada anaknya, dan bahkan sampai mereka rela berbuat apa saja asalkan anaknya sehat dan bahagia.

Pada intinya bagi kedua orang tua, anak merupakan salah satu prioritas utama bagi mereka. anak merupakan segalanya bagi orang tua.

Ketika anaknya tercoba dengan sedikit sakit, seperti demam bahkan orang tua sampai ikut merasakan sakit, hal ini karena rasa sayangnya orang tua.

Bagi anda yang statusnya masih keluarga baru tak perlu panik apabila anak anda mengalami sakit kepala atau bahkan demam.

Saat anda mengalami sakit kepala hingga berujung pada panas mungkin anda dapat dengan mudah mengatasinya.

Yaitu dengan minum obat lalu istirahat dan tidur yang cukup akan dapat mengobatinya. Namun bagaimana jika anak atau adik anda yang masih kecil jika terkena panas atau demam?

Apakah anda akan mengatasinya dengan cara yang biasanya anda gunakan ketika anda mengalami panas?.

Seharusnya tidak demikian, karena mengatasu panas pada anak tidak seperti pada orang dewasa pada umumnya. Mengatasi panas pada anak sedikit memerlukan perhatian ekstra.

Panas pada anak sebenarnya adalah reaksi tubuh yang sangat baik dari tubuh anak ketika terkena infeksi. Dari situ bisa kita ketahui bahwa kekebalan tubuh pada anak bekerja dengan baik, sehingga mengirimkan sinyal panas dari otak.

Ketika anak mengalami panas atau demam maka sel darah putih dalam tubuh bekerja untuk menyerang bakteri, virus dan sumber penyebab infeksi yang lain sudah masuk tubuh. Maka anda tidak perlu terlalu cemas ketika anak mengalami panas.

Namun jika suhu panas pada anak terlalu tinggi maka ini dapat disebabkan karena si anak mengalami demam. Maka cara yang harus anda lakukan ketika anak panas demam yaitu

Cara Mengatasi Panas Demam Pada Anak-Anak | Sembung

  1. Berikan suasana kamar yang nyaman dan dingin

Suhu kamar anak supaya menjadi perhatian bagi para orang tua. Terutama ketika anak mengalami panas demam, maka memerlukan suasana kamar yang nyaman dan dingin.

Jangan terlalu panas dan juga jangan terlalu dingin. Karena jika suhu terlalu dingin mengakibatkan anak menggigil.

2. Kenakan pakaian yang nyaman

Saat anak mengalami panas demam maka berikanlah pakaian yang nyaman, yaitu yang tipis. Hal ini dapat menjadikan suhu badan anak selalu tercontrol.

Karena apabila menggunakan pakaian yang tebal maka dapat memungkinkan suhu panasnya sulit untuk keluar.

3. Mengompres dengan air

Ketika anak mengalami panas demam maka kompreslah dahi anak menggunakan suhu air yang pas, tidak dingin dan tidak panas.

Air dapat membantu menyerap panas dan memnjadikan suhu panas dalam tubuh anak menurun. Anda dapat mengompresnya menggunakan kain atau handuk kecil yang bersih.

mengompres sangat berpengaruh pada Cara Mengatasi Panas Demam Pada Anak-Anak | Sembung

4. Mandikan dengan air hangat

Menggunakan air yang hangat atau suam-suam kuku untuk memandikan dapat membantu menurunkan suhu panas pada anak.

Hindari air yang dingin, karena hal ini dapat mengakibatkan anak menggigil kedinginan. Bila perlu tambahkan essensial oil(aroma terapi sebagai penyegar udara dan menjadikan badan hangat)

5. Oleskan ramuan herbal

Siapkan minyak penhangat badan, 2 siung bawang merah dan setengah buah jeruk nipis. Lalu parut bawang merah hingga halus.

Kemudian campurkan minyak kayu putih bawang dan perasan jeruk nipis tersebut hingga merata. Selanjutnya oleskan pada bagian dada, punggun dan perut anak hingga merata.

Gunakanlah ramuan tersebut setelah memandikannya menggunakan air hangat suam-suam kuku, Hal ini akan memberikan sensasi hangat pada tubuh anak. Sehingga suhu tubuh pada anak dapat menurun.

6. Pijat menggunakan pappermint oil

Oleskan tubuh anak mengguanakan pappermint oil. Karena rasa mentol yang terkandung didalamnya dapat membuat badan menjadi hangat dan dapat meredakan panas pada anak.

7. Berikan minuman hangat

Ketika anak mengalami panas demam, anda dapat membuatkannya minuman jahe yang dicampur dengan madu. Maka minuman ini akan memberikan rasa yang hangat pada tubuh anak, dan meredakan panas demamnya.

Minuman hangat merupakan salah satu tips yang ampuh untuk Cara Mengatasi Panas Demam Pada Anak-Anak | Sembung

8. Makanan pedas

Apabila anak anda menyukai makanan yang pedas, maka anda boleh mencobanya dengan membuatkan makanan yang sedikit pedas.

Hindangkan makanan tersebut kepada anak ketika masih hangat. Karena rasa pedas itu dapat memberikan efek keringat pada anak, sehingga dapat membantu menurunkan suhu badannya.

9. Minum penurun panas

Jika anak anda sudah cukup umur untuk meminum sirup maka anda dapat memberikannya sirup penurun panas.

Perlu diingat bahwa ketika memberikan anak sirup penurun panas perlu diperhatikan takaran yang sesuai usia anak anda. Dan perhatikan juga tanggal kadaluwarsa atau expired pada obat.

Demikianlah sekilas artikel tentang Cara Mengatasi Panas Demam Pada Anak-Anak | Sembung, semoga semua tips dari saya dapat membantu anda mengatasi panas demam pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.