Cara Mengatasi Mata Minus Ciri-Ciri dan Penyembuhannya

Sembung.com – Cara Mengatasi Mata Minus Ciri-Ciri dan Penyembuhannya

Hai sobat, bagaimana keadaanmu? Semoga anda selalu sehat dan bahagia. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas beberapa penyebab yang menjadikan mata minus.

Pasti anda sudah membacanya bukan? Jika belum membacanya silahkan baca disini penyebab mata minus dan mata silinder.

Dari beberapa penyebab itu setidaknya untuk mengatasinya yaitu dengan cara menghindari semua hal yang menyebabkan mata menjadi minus.

Semua orang tentunya menginginkan mata yang sehat dan dapat memandang dengan jelas dan sempurna.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana mengatasi mata minus, maka ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu mengenai ciri-ciri mata minus. Beberapa ciri-cirinya yaitu berikut ini.

Ciri-ciri mata minus

Mata minus lebih mudah diketahui ketika anda memandang suatu objek namun tidak bisa fokus atau penglihatan anda menjadi kabur.

Demikian itu adalah ciri yang paling mudah dikenali, lantas bagaimanakah dengan ciri yang lainnya. Simak berikut ini

Berikut adalah Cara Mengatasi Mata Minus Ciri-Ciri dan Penyembuhannya

  • Memincingkan mata. Ciri pertama yaitu ketika seseorang ingin melihat suatu objek dengan jelas maka dia harus memincingkan mata. Memincingkan mata yaitu melihat suatu objek dengan sedikit merem(menutup mata). Jika anda juga seperti ini maka dapat dipastikan mata anda minus.
  • Terlalu sering mengedipkan mata. Sering mengedipkan mata saat memandang suatu objek agar dapat fokus adalah salah satu ciri bahwa anda penderita mata minus.
  • Mata lelah dan merah. Ketika mata terlalu lama untuk memandang suatu objek maka mata akan terasa tegang dan lelah, ketika mata sudah mulai lelah maka biasanya yang terjadi mata akan menjadi merah
  • Pandangan Kabur atau tak jelas ketika melihat objek kurang cahaya. Ciri mata minus yang paling mudah dikenali yaitu akan kesulitan melihat objek ketika pencahayaannya kurang bahkan redup, sehingga ketika melihat sesuatu benda terlihat buram dan tidak jelas

Baca juga : Gejala Penyakit Ginjal Pada wanita

Cara Mengatasi Mata Minus Ciri-Ciri dan Penyembuhannya

Selanjutnya yaitu Cara Mengatasi Mata Minus Ciri-Ciri dan PenyembuhannyaMata minus atau juga biasa disebut rabun jauh adalah keadaan dimana penderitanya kesulitan untuk melihat.

Terutama benda-benda yang jaraknya cukup jauh. Mata minus tak hanya diderita oleh orang dewasa saja, namun anak kecilpun juga bisa mengalaminya.

Demikian itu harus segera diatasi, karena ketika mata sudah mulai minus dari angka yang terkecil jika dibiarkan begitu saja lama kelamaan akan menjadi semakin parah. Adapun cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

  1. Melatih penglihatan dengan jari telunjuk

Terapi ini dapat membantu anda untuk mengatasi mata yang minus, lakukanlah cara ini dengan posisi duduk yang nyaman, letakkan jari telunjuk anda dengan jarak 10 sampai 15 cm dari hidung.

Lalu fokuskan pandanganmu pada jari telunjuk tersebut, selama beberapa saat. Kemudian alihkan pandanganmu dan fokuskan ke objek yang cukup jauh dan sejajar dengan jari telunjukmu, dan fokuskan selama beberapa saat.

berikutnya kembalikan lagi fokusmu kearah jari telunjukmu. Lakukan cara ini dengan rutin kira-kira sampai 15 kali setiap harinya, sampai mata minus anda mulai berkurang dan sembuh

2. Senam mata

Senam mata sangat diperlukan agar mata tetap sehat, cara ini juga dapat dilakukan sebagai terapi untuk mata yang minus.

Adapun caranya goyangkan bola matamu ke kanan dan kekiri selama beberapa kali, lalu goyangkan bola matamu dengan berputar. Lakukanlah cara ini sekitar 10menit setiap harinya.

3. Mengompres mata

Dengan megompres mata dapat menjadikan mata bersih dan membersihkan dari bakteri serta debu-debu yang menempel.

Caranya siapkan air hangat (suam-suam kuku) secukupnya kedalam mangkuk, lalu rendamlah matamu kedalam air tersebut sambil berkedip-kedip, lakukan cara ini kira-kira 5 sampai 10 menit.

4. Melepas kacamata secukupnya

Ketika anda menggunakan kaca mata maka akan menjadikan otot mata kaku, hal ini bisa terjadi karena ketika anda menggunakan kaca mata,

Mata akan terbiasa fokus pada lensa kacamata, sehingga otot mata menjadi kaku. Maka sesekali lepaslah kacamata anda ketika tidak diperlukan, terutama ketika sedang beristirahat.

Selanjutnya Cara Mengatasi Mata Minus Ciri-Ciri dan Penyembuhannya

5. Merefresh mata

Mata juga butuh vitamin untuk mejadikan mata tetap sehar dan segar, maka anda supaya sering membuat mata rileks atau menyegarkan mata dengan melihat objek-objek yang sejuk, segar dan hijau.

Seperti contohnya pegunungan, daun-daun hijau, bunga-bunga segar dan kebun teh. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi mata yang minus

6. Memijat mata ketika bangun tidur

Ketika anda bangun tidur lakukanlah pijatan-pijatan ringan sekitar area mata. Sehingga mata menjadi rileks serta melancarakan peredaran darah.

7. Menggunakan daun sirih

Daun sirih mempunyai manfaat yang nsangat baik untuk mengurangi iritasi dan membersihkan mata dari kotoran. Ambillah dua lembar daun sirih yang masih segar.

Lalu bersihkan dan basahi menggunakan air hangat hingga benar-benar meresap pada daunnya, lalu tempelkan pada mata anda ketika hendak tidur, kemudian mencucinya dengan air bersih ketika pagi hari

8. Melatih fokus penglihatan

Sesekali latihlah mata anda untuk melihat secara fokus suatu objek melalui lubang-lubang kecil. Terapi ini sangat ampuh untuk menyembuhkan mata anda yang minus dan melatih retina mata agar tetap sehat

Cara Mengatasi Mata Minus Ciri-Ciri dan Penyembuhannya

9. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A

Mata juga membutuhkan vitamin sebagaimana oragan tubuh yang lainnya. Vitamin yang paling baik untuk mata yaitu vitamin A.

Lihat juga artikel lainnya yaitu Cara mengatasi penyakit gatal pada kulit

Maka dari itu konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A, biasanya terdapat pada sayur dan buah-buahan.

  • Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk baik untuk kesehatan mata, kartoen yang terkandung didalamnya mampu membantu fungsi kerja retina mata.
  • Anda dapat mengonsumsi wortel ini dengan cara mencampurkannya kedalam sayuran bening contohnya. Atau anda juga dapat menjadikannya sebagai jus setiap harinya.
  • Daun selada. Selada adalah salah satu sayuran yang kaya akan lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah mata dari katarak, daun selada juga mampu mengobati mata yang minus
  • Tomat. Tak hanya baik untuk kesehatan kulit saja, dengan kandungan vitamin A yang dimilikinya tomat juga dapa menjaga kesehatan mata anda.
  • Bit merah. Kandungan antioksidan dan zat besi yang dimiliki bit merah dapat menjaga kesehatan mata, bit meah biasanya dapat dijumpai pada kue, jus dan puding
  • Berbagai macam jenis berry. Buah strawberry, blueberry,raspberry dan lainnya juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Maka konsumsilah buah ini agar mata anda tetap sehat
  • Ikan salmon, bayam, alpukat, bayam juga sangat baik untuk kesehatan mata anda

10. Hindari makanan ini

Mata juga membutuhkan nutrisi, maka nutrisi yang buruk harus dihindari karena akan berpengaruh pada penglihatan anda. Adapun beberpa makanan yang harus anda hindari yaitu

  • Makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi.
  • Jauhi alkohol
  • Hindari konsumsi gula berlebih, seperti es krim, permen dan minuman kaleng
  • Kurangi dan Hindari rokok

Jika anda menginginkan mata yang kembali sehat dan normal untuk memandang maka lakukanlah Cara Mengatasi Mata Minus Ciri-Ciri dan Penyembuhannya.

Selanjutnya hindari makanan yang tidak baik bagi kesehatan mata anda, selain itu hal-hal yang menjadikan mata mudah sakit, dan berpotensi menjadikan mata minus maka anda harus menghindarinya.

Baca juga artikel terkait kesehatan mata yang lainnya, dan juga masih banyak lagi tips kesehatan alami yang mudah-mudahan dapat membawa manfaat bagi anda, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.